Film Dokumenter Netflix Terbaik 2023

Film dokumenter merupakan istilah yang digunakan pada film non-fiksi yang menangkap kenyataan dengan cara mendokumentasikan serangkaian peristiwa. Selain dapat menambah wawasan, film dokumenter juga dapat memberikan pesan moral yang lebih realistis.

Kini sudah terdapat banyak film dokumenter yang dikemas dengan menarik. Menonton film dokumenter pastinya bisa menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan.

Tak hanya film lepas atau serial drama, Netflix juga memiliki beberapa pilihan film dokumenter dengan berbagai genre. Mulai dari kriminal, sejarah, investigasi, biografi, hingga ilmu pengetahuan semuanya bisa kamu temukan di platform streaming ini. Berikut rekomendasi zeus slot.

1. Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso (2023)

Sempat jadi perbincangan mendunia di tahun 2016 lalu, kasus Kopi Sianida yang melibatkan K=Jessica Wongso sebagai tersangka dan Mirna sebagai korbannya diangkat menjadi dokumenter yang rilis di Netflix pada September 2023.

Persidangan yang memanas, interogasi yang intens, dan pertanyaan tak terjawab menanti di balik kasus yang mengguncang hati dan pikiran. Apa yang mendorong Jessica Wongso untuk melakukan tindakan mengerikan ini? Atau, apakah kamu justru jadi berempati dengan Jessica seteleh menonton dokumenter ini?

Saksikan kisah yang mengguncang Indonesia dan menguji sistem peradilan dalam dokumenter yang menegangkan ini!

2. Tinder Swindler

Film dokumenter ini sempat menjadi topik perbincangan hangat publik karena kisahnya yang mencengangkan. The Tinder Swindler merupakan film dokumenter karya sutradara Felicity Morris yang menceritakan aksi penipuan seorang pria asal Israel lewat aplikasi kencan Tinder.

Simon Leviev adalah sosok utama dalam aksi penipuan ini. Ia menipu banyak wanita mancanegara dengan melakukan catfishing seolah dirinya adalah seorang miliarder yang sukses. Dalam aksinya ia juga dibantu oleh beberapa temannya agar membuat korban percaya.

Alur dari film ini diceritakan lewat sudut pandang para korban yang menceritakan awal pertemuan dengan Simon Leviev sampai akhirnya ia berhutang dan pergi begitu saja.

3. The Great Hack (2019)

The Great Hack merupakan film dokumenter garapan Jehane Noujaim dan Karim Amer. Film ini mengekspos skandal data Facebook-Cambridge Analytica yang menyalahgunakan data sosial media untuk kepentingan politik.

Cambridge Analytica merupakan sebuah perusahaan digital sekaligus tim pemenangan Donald Trump dalam eleksi kepresidenan AS. Mereka mengolah data privasi orang yang ada di sosial media dan mengolahnya untuk memanipulasi hasil eleksi.

Dokumenter ini diceritakan melalui sudut pandang Profesor David Carroll dari Parsons School of Design, Brittany Kaiser (mantan direktur pengembangan bisnis untuk Cambridge Analytica), dan jurnalis investigasi asal Inggris, Carole Cadwalladr.

Leave a Comment